Tuesday, June 23, 2015

Profesi Wakil Manajer Investasi

Wakil Manajer Investasi apaan tuh? Aku sendiri baru tahu ada profesi itu saat menempuh pendidikan pasca sarjana 9 tahun silam. Banyak diantara kita, bahkan yang sarjana ekonomi pun masih ada yang tidak tahu menahu soal profesi ini.

Wakil Manajer Investasi atau yang lebih sering disingkat dengan WMI di kalangan pelaku industri pasar modal. Ini bukan profesi bagi orang yang ingin menjadi wakilnya seorang manajer investasi, melainkan WMI sebenarnya adalah sebuah sertifikasi profesional bagi orang yang ingin berkarir profesional di perusahaan manajer investasi dan sudah diatur pula keberadaannya dalam Undang-undang Pasar Modal, Peraturan Bapepam, dan yang terakhir juga diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi Profesi ini sangat menjanjikan dan belum banyak orang di Indonesia yang mempunyai Sertifikasi Profesi ini.

So, gimana dong kalau pengen punya sertifikasi ataupun lisensi sebagai Wakil Manajer Investasi? Jawabannya mudah sekali, tapi menjalankannya perlu effort lebih, haha.....

Yap betul, banyak orang yang sudah tahu keberadaan dan peluang besar dalam profesi ini merasa kesulitan untuk meraihnya. Tapi saya yakin kalau ada niat dan tekad yang kuat, mudah kok mendapatkan sertifikasinya, bahkan bukan dari background sarjana ekonomi pun bisa, and I have PROVED it!

Di Indonesia diakui tiga jenis profesi di bidang pasar modal, yaitu Wakil Perantara Pegadang Efek (WPPE) alias broker yang bekerja di perusahaan-perusahaan sekuritas yang melayani transaksi surat berharga berupa saham, obligasi, dan sebagainya. Yang kedua adalah Wakil Penjamin Emisi Efek (WPEE) yang bekerja di perusahaan-perusahaan sekuritas yang mempunyai izin juga sebagai penjamin efek, biasanya bertugas untuk mempersiapkan Initial Public Offering (IPO) sebuah perusahaan. Dan yang terakhir dan yang menurut sebagian kalangan pasar modal profesi paling keren adalah Wakil Manajer Investasi (WMI) yang kalau di luar negeri gelar profesi WMI setara dengan Chief Financial Advisor (CFA).

Untuk mempunyai sertifikasi WMI ataupun sampai dengan lisensi WMI harus melalui beberapa tahapan. Mempunyai sertifikasi WMI diharuskan lulus ujian kecakapan profesi pasar modal untuk Wakil Manajer Investasi yang diselenggarakan oleh Panitia Standard Profesi Pasar Modal. Untuk mendapatkan lisensi Manajer Investasi dari OJK (dulu Bapepam) ada tahapannya tersendiri, yang nanti bertahap akan saya bahas juga di blog ini.

Blog ini saya dedikasikan untuk pembaca yang mempunyai minat terhadap profesi Wakil Manajer Investasi. Saya berencana juga akan membahas latihan soal untuk tes kecakapan, tips dan trik, serta seluk beluk dunia wakil manajer investasi. Semoga saya diberikan waktu, semangat, dan mood yang bagus untuk menulis artikel-artikel selanjutnya.

Terima Kasih

Regards,
Sony Hartono




3 comments:

  1. bagus sekali informasinya pak.
    kalau untuk manajer investasi di bidang pasar uang bagaimana ya?
    dalam hal ini Forex.

    ReplyDelete
  2. sangat berguna artikelnya, keep up the good work!

    ReplyDelete
  3. Chartered Financial Analyst (CFA) yang bener itu boss

    ReplyDelete