Wednesday, June 24, 2015

Profesi Wakil Manajer Investasi (2)

Tahap pertama untuk mendapatkan lisensi sebagai Wakil Manajer Investasi jelas harus lulus dulu dari Ujian Kecakapan Wakil Manajer Investasi (WMI) yang diselenggarakan oleh Panitia Standard Profesi Pasar Modal. Ujian Kecakapan WMI waktunya bersamaan dengan Ujian Kecakapan profesi pasar modal lainnya seperti Ujian Kecakapan Wakil Perantara PEdagang Efek (WPPE) dan Ujian Kecakapan Wakil Penjamin Emisi Efek (WPEE).

Ujian biasanya dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun alias empat bulan sekali. Jadwal pendaftaran dan ujian bisa diakses di www.standardprofesi.or.id . Di website resmi Panitia standar Profesi itu juga terdapat informasi mengenai ujian apa saja yang akan diujikan untuk Ujian Kecakapan WMI, biaya yang dikeluarkan berapa, kalau nggak salah sekarang biaya pendaftaran ujian sebesar Rp750 ribu. Lokasi Ujian terdapat di berbagai kota besar, entah itu di Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM), di Fakultas Ekonomi Universitas-Universitas yang ditunjuk, ataupun di lokasi lain yang ditentukan.

Untuk Ujian WMI hanya dibekali oleh kalkulator hitung kecil tanpa fungsi financial ataupun scientific. Dalam menghitung present dan future value kita juga dibantu dengan tabel hitung yang disediakan oleh panitia. Berbeda dengan ujian WPPE atau WPEE yang lebih banyak membahas tentang peraturan, Ujian WMI akan lebih banyak membahas tentang hitung menghitung dengan rumus tertentu, jadi kita harus sudah hafal di luar kepala rumus-rumus keuangan yang ada. Namun, nggak usah khawatir, ternyata soal-soal di ujianWMI banyak triknya dan ternyata hitungannya juga nggak terlalu rumit jika tahu triknya.

No comments:

Post a Comment